Kamis, 06 September 2012

Manfaat Berpuasa

Manfaat Berpuasa

 

Manfaat Berpuasa

Puasa merupakan obat penyembuh yang baik. Semua organ tubuh kita senantiasa digunakan, bahkan boleh dikatakan organ tubuh itu tidak pernah istirahat selama 24 jam. Dengan berpuasa, kita dapat mengistirahatkan organ pencernaan kita lebih kurang 12 jam setiap harinya.
Oleh karena itu, dengan berpuasa, organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih efektif dan teratur. Berikut ini beberapa manfaat dari berpuasa selama bulan Ramadhan : 

1) Menurunkan bobot tubuh 

Berkurangnya pasokan energi bagi orang dewasa, membuat tubuh harus mencari energi yang tersimpan. Yaitu simpanan lemak dalam tubuh. Lemak ini akan dibakar untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Tak heran bila selama 29 atau 30 hari berpuasa, bobot tubuh akan berkurang hingga sekitar 4 kg, bahkan diimbangi dengan perubahan bentuknya. 

2) Mencegah terjadinya Stroke 

Puasa juga dapat mengurangi resiko stroke karena daapt memperbaiki kolesterol darah. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkkan puasa dapat meningkatkan HDI (High density lipoprotein) dan menurunkan lemak trigliserol (pembentuk kolesterol LDL-low densty lipoprotein-yang merusak kesehatan) 

3) Menurunkan tekanan darah 

Pada mereka yang memiliki tekanan tinggi, ringan, sampai sedang, dengan kelebihan berat badan, puasa dapat menurunkan tekanan darah. Namun konsultasi dengan dokter ahli tetap diperlukan untuk menyesuaikan pemberian obat 

4) Membentuk sel-sel baru 

Puasa juga berfungsi menghilangkan sel rusak dalam tubuh. Rasa lapar pada orang berpuasa membuatnya menggerakkan organ-organ internal dalam tubuh, dan “memakan” sel-sel yang rusak untuk mengganti rasa lapar. Setelah itu tubuh akan menggantinya dengan sel-sel baru, sehingga kembali berfungsi dan beraktivitas. 

5) Mengurangi resiko diabetes 

Bagi orang yang sehat, berpuasa dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena pengurangan konsumsi kalori secara fisiologis akan mengurangi sirkulasi hormon insulin dan kadar gula darah. Dengan pengontrolan gula darah yang baik akan mencegah penyakit diabetes tipe 2, yang disebabkan hormon insulin tidak sensitif lagi mengontrol gula darah 

6) Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh

7) Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh 

Pada saat puasa kita dianjurkan untuk sabar dan menghindari marah. Hal ini membuat fungsi hormon berjalan normal dan irama hidup menjadi lebih harmonis

Sumber : ( http://ejcommunity.wordpress.com )

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Labels

Labels

Labels